Ibu Inspirasi Hidupku



Karena Ibu oleh semua orang, termasuk diriku. Suasana yang asri membuat diriku makin yakin ketika dilahirkan didunia ini oleh ibu yang hebat dan luar biasa. Mentari pagi yang selalu menampakkan sinarnya membuat diriku ingin menyusuri deretan sawah yang ada didesa. Perdesaan ini yang masih asri suasananya membuat penduduknya selalu singgah lama dan tidak mungkin penduduk tersebut urbanisasi. Ibuku memang beliau sebagai ibu rumah tangga yang hebat yang mampu mendidikku serta adikku. Karenanya diriku menjadi anak sulung yang dilahirkan di Kota pahlawan Surabaya. Kota Surabaya yang memiliki ciri khas yang hebat akan pendidikan, dunia pendidikan di Surabaya merupakan salah satu distenasi atau tujuan bagi orang-orang perdesaan untuk hijrah mencari ilmu. Tidak hanya popular mengenai pendidikan saja. Surabaya memiliki ciri khas yang mempunyai taman yang harus tetap dilestarikan, dirawat dan dikunjungi bagi wisatawan asing dan mancannegara. Macamnya juga banyak taman bungkul memiliki ciri khas yang unik dan menarik. Taman bungkul ini diresmikan sejak 21 Maret 2007.
            Ibu memang hanya sebagai ibu rumah tangga yang sehari-harinya selalu ada untukku. Beliau hebat dalam hal apapun termasuk urusan rumah. Ya, Aku sangat beruntung ketika diriku berada didalam kandungan selama sembilan bulan. Bagiku sebenarnya sebentar namun, diriku belum pernah mengalaminya, Mungkin suatu saat nanti. Melalui persalinan secara normal di RSU Siti Khodijah Surabaya. Salah satu rumah sakit yang dikunjungi ibu dan ayah ketika aku masih menjadi “Jabang bayi” dalam bahasa jawa. Tentunya Ibu mengalami kesakitan saat diriku dikandungnya hingga memasuki usia sembilan bulan diriku lahir didunia dengan jenis klamin perempuan. Sebagai seorang ayah diriku dari keluarga islam maka pada masa kecilku baru keluar dari rahim seorang wanita yang hebat maka telinga kananku di bacakan adzan lalu telinga kiri di qomati. Hal ini merupakan tradisi turun temurun yang harus dilakukan ketika seseorang memiliki anak agar nantinya anak tersebut bisa menjalankan apa yang sudah menjadi ketetapan perintah-Nya dan dijauhkan dari apa yang sudah menjadi ketetapan dijauhankan-Nya dengan hal yang tidak bermanfaat serta memang dilarang oleh Agama Islam. Islam rahmattan lillalamin yang dapat dimaknai islam adalah rahmat bagi seluruh alam. Untuk itu sebagai umat islam tidak boleh mengucilkan agama lain. Karena Bangsa Indonesia ini memiliki ideologi pancasila dan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” Meskipun diantara lingkungan kita ada yang berbeda agama, ras, suku dan bahasa harus tetap menghormati, menyayangi layaknya seperti saudara sendiri. Umat manusia hidup di dunia ini sebagai mahluk sosial yang harus bisa berinteraksi dengan baik antar sesamanya.
            Jagonya kuliner mother when cooking very good. Yang selalu diriku nantikan yaitu pulang kampung. Karena pernah merantau di kota Pahlawan Surabaya membuat diriku lupa akan masakan sajian istimewa dari ibu. Aroma, ciri khas yang sulit kudapatkan di kota rantau. Memang kesibukan kuliah memuat diriku menjadi anak rantau. Merantau kali ini lumayan dekat jarak antara kabupaten Gresik hingga Surabaya Barat tepanya di Desa Ketintang. Menjadi anak sulung sebagai penanggung beban untuk kedua malaikat terinta yang paling utama dan paling manjur doanya bagaikan sihir yaitu Ibumu, Ibumu, Ibumu kemudian Ayahmu, doa beliau yang mengantarkanku dalam bingkai kesuksesan. Tanpa beliau diriku akan hidup sebatang kara. Tanggung jawab kepada adikku yang masih duduk di bangku MTS Negeri II Surabaya. Harus kucoba menanamkan benih-benih kebaikan hingga dia nanti tumbuh dewasa dari didikan seorang kakak yang selalu memberikan support ketika melakukan hal yang memiliki manfaat untuk Negeri Bangsa serta Negara Indonesia ini. Ketika terik matahari sudah menghantui tubuh munggilku berarti sinar matahari masih bisa kurasakan begitu dahsyat untuk itu nikmat Ar-rahman dan Arrohim dari sang maha pencipta selalu kusuyukuri. Bagaimana tidak masih banyak umat manusia bahkan jutaan di jagad raya ini yang sudah ditinggal oleh ibunya. Ibu dilahirkan dari rahim seorang nenek yang bernama Hj. Dewi Aminah yang hanya memiliki berprofesi sebagai petani.



Komentar

Postingan Populer